Apa itu Copywriting ? - Catatan Babas

iklan header

Apa itu Copywriting ?


Postingan sebelumnya saya menjelaskan landing page beserta hubungannya dengan penjualan pada online marketing. Jika secara sederhana disebutkan bahwa landing page adalah wadah berupa brosur online dalam bentuk website untuk mempromosikan produk, maka copywriting adalah kata-kata menggoda yang terdapat pada brosur atau iklan landing page yang bertujuan menarik perhatian target pasar produk anda.

Copywriting pada iklan memiliki pengaruh besar dalam penjualan. Copywriting memiliki kekuatan yang mampu mengajak pembaca iklan anda untuk melakukan konversi. Konversi dalam istilah marketing adalah aktivitas pengunjung yang melakukan tindak lebih lanjut setelah mengunjungi halaman iklan produk anda di internet. Tindakan lebih lanjut dimaksud bisa berupa aktivitas klik untuk order, atau untuk mengajak anda berdialog menanyakan harga dan spesifikasi produk yang anda tawarkan, atau membuat pengingat atas produk yang anda tawarkan. 

 

Copy Writing Memiliki Kekuatan

Copywriting tidak bisa dianggap sepele, jika penjualan online anda kurang menarik bagi calon pembeli bisa jadi copywriting yang anda buat selama ini kurang menarik dan butuh perbaikan. Di dunia serba online dewasa ini Skill copywriting menjadi kebutuhan untuk para online marketer. Tidak heran jika sekarang banyak e-book, seminar, workshop atau berbagai pelatihan yang menawarkan pembahasan mengenai copywriting.

Bagi sebagian kalangan, menulis kata kata persuasif di iklan bukan hal yang sulit, namun perlu diketahui bahwa hal ini juga menjadi sesuatu yang sulit bagi sebagian kalangan lainnya. Oleh karena itu kursus kursus mengenai copywriting menjadi peluang bisnis bagi para ahli di bidang tersebut. Seperti contoh produk digital pada link berikut https://bit.ly/stunning_copywriting, pada link tersebut bisa kita temukan informasi bahwa produk digital yang ditawarkan berupa video-video pembelajaran mengenai copywriting, materi dalam format video dan  ppt, contoh-contoh copywriting dan info lainnya, silahkan klik untuk detailnya.

 

Strategi Copywriting

Ada banyak strategi atau metode yang digunakan oleh para pegiat copywriting untuk memaksimalkan penjualan. Mulai dari berdasarkan penelitian ataupun pengalaman empiris para marketer selama ini. Misalnya saja salah satu startegi menurut Neilpatel salah satu top Marketer, baginya strategi copywriting bisa ditempuh dengan formula PAPA (Problem, advantages (of solving the problem), proof (that you can solve it), and action.

Menurut Neptail pertama yang harus disampaikan adalah problem ataua masalah yang menjadi paint poin, kemudian berikan penjelasan keuntungan yang akan didapatkan target anda jika masalah tersebut dapat terselesaikan. Kemudian jelaskan bahwa anda punya produk yang dapat menyelesaikan masalah tersebut sehingg target market anda akan mendapatkan keuntungan. Selanjutnya tambahkan bukti bisa berupa testimoni dari pengguna produk anda atau logo client yang sudah pernah menggunakan barang atau jasa yang anda miliki. Terakhir berikan penjelasan aksi yang perlu dilakukan oleh target anda untuk mendapatkan produk tersebut.

Masih banyak penjelasan strategi lainnya yang anda bisa dapatkan dari berbagai literasi. Kedepannya sepertinya pembahasan khsusus mengenai teknik copywriting versi catatan babas. Semua terserah anda metode manapun yang ingin anda jadikan referensi, karena pengalaman setiap orang berbeda, bisa jadi metode yang menurut anda kurang efektif tetapi ternyata bisa menghasilkan penjualan bagi orang lain. Yang perlu digaris bawahi adalah apapun strateginya, pada prinsipnya tujuan copywriting adalah sama yaitu menghasilkan konversi.

 

Siapa Saja yang Membutuhkan Copywriting ?

Di situs-situ freelancing juga banyak ditemukan para freelancer menjual jasa copywriting, dan aktifitas ini menjadi sumber keuangan mereka dari internet. Untuk anda yang ahli dalam menulis kata kata untuk iklan, ini adalah peluang kesempatan bagi anda untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara menjual Skill copywriting anda di situs-situs freelance atau menjual jasa copywriting dengan langsung mencari target pasar dengan beriklan diinternet. Mereka yang membutuhkan copywriting dalam lingkup pekerjaannya antara lain :
  • Sales / marketing yang ingin mendapatkan lebih banyak customer baru dari interne
  • Pemilik bisnis yang ingin meningkatkan jumlah konversi
  • Pebisnis online yang ingin mendapatkan penjualan lebih banyak lewat internet
  • Digital marketer yang ingin mendapatkan lebih banyak konversi penjualan
  • Broker, reseller, dropshipper, dan agen yang ingin mendapatkan closing lebih banyak dari produk/jasa yang dijualnya

 


Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Apa itu Copywriting ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel